(+62)21-6262156 (Hunting)
(+62)21-6262156
Hunting

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Generator

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Generator

Sebelumnya, apakah yang disebut dengan generator itu ? generator adalah suatu alat yang diciptakan dan difungsikan untuk mengubah gaya gerak atau energi yang dihasilkan dari gerak menjadi energi listrik. Jadi kita bisa mengartikannya sebagai salahh satu komponen pembangkit listrik yang sumber dayanya berasal dari gerak atau energi gerak. Nah, dalam perkembangan teknologi saat ini, kita bisa membedakan jensi generator ini menjadidua golongan. Golongan yang pertama adalah generator arus bolak balik, merupakan jenis generator yang dapa menghasilkan gaya gerak listrik unduksi bolak balik. Dan yang kedua adalah generator jenis arus searah yang merupakan jenis generator yang hanya mampu menghasilkan energi gerak listrik induksi satu arah saja.

Prinsip Kerja Generator AC atau arus bolak balik

Generator ini memiliki komponen utama berupa kumparan kawat dan sepasang kutub magnet dengan tegangan yagn sangat kuat serta dua buah cincin geser dan adanya sikat penyambung arus. Dan tiap tiap ujung kawat kumparan yang ada dihubungkan dengan dua buah cincin tadi. Dan cincin geser itu menempel pada sebuah sikat penyambung arus yang bertugas. Dan jika kumparan kawat itu diputar akan menghasilkan atua timbuk energi gerak listrik bolak balik yang dihubungkan dengan komponen penghubung luar dimana aliran listrik akan mengalir dari kedua sikat yang ada disana secara bergantian atau ketika arus melalui kawat pertama, maka selanjunya arus akan keluar dari sikat kedua. Inilah mengapa disebut sebagai generator arus bolak balik. Dan arus bolak balik ini dikenal dengan sebutan arus AC atau alternating current. Dan untuk generator pembangkit listrik berkapasitas besar, umumnya menggunakan beberapa buah magnet sebagai rotor dan kumparan kumparan yang tersusun sedemikian rupa sebagai statornya.

Prinsip Kerja Generator DC atau generator Arus Searah

Jenis genrator yang satu ini tidak jauh berbeda dengan generator arus bolak balik atau AC seperti yang disebutkan diatas tadi. Letak perbedaannya terdapat pada cincinnya. Jika di generator AC tadi kita mengetahui bahwa ada dua cincin, disini hanya ada satu cincin yang dibagi menjadi dua. Sehingga menghasilkan induksi energi gerak listrik hanya dari satu arah saja. Dan bila dihubungkan dengan komponen atau rangkaian penghubung luar maka aliran listrik atau daya yang dihasilkan akan melalui salah satu sikat saja, bukan dua secara bergantian seperti AC. Yaitu jika arusnya keluar dari sika yang pertama, maka berikutnya akan keluar dari yang sikat pertama lagi dan begitu seterusnya dan inilah yang menyebabkan dia disebut sebagai generator arus satu arah atau DC atau direct current. Untuk kapasitas daya yang dihasilkan juga sama seperti generator AC yaitu kapasitasnya variatif atau tidak menentu.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan pemberitahuan kami sekarang

Dapatkan pemberitahuan kami sekarang

Pastikan anda mendapatkan penawaran terbaik kami. Cukup isi nama dan email anda dan dapatkan penawaran terbaik kami.