(+62)21-6262156 (Hunting)
(+62)21-6262156
Hunting

Mengenal Lebih Dalam Perkembangan Generator Listrik

Mengenal Lebih Dalam Perkembangan Generator Listrik

Generator listrik adalah sebuah alat atau komponen dalam sistem pembangkit listrik yang memproduksi suatu energi listrik dari sumber energi mekanik atau gerak yang umumnya memakai atau menggunakan induksi elektromagnetik. Walaupun natara generator dan motor memiliki kesamaan yang begitu banyak, tetapi ada satu perbedaan yang mencolok untuk kedua alat atau komponen ini. motor adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik  sedangkan generator adalah komponen yang bertugas mendorong muatan listrik untuk dapat bergerak melewati sebuah sirkuit listrik yang ada di luar. Tetapi generaot rsendiri tidak dapat menciptakan sendiri listrik yang berada di dalam lilitannya atau kabel gulungannya. Konsepnya sama seperti pompa air yang memompa air tetapi tidak bisa menghasilkan air yang akan dia pompa. Adapun energi listrik ayng dihasilkan berasal dari komponen turbin yang bergerak, dan penggeraknya juga bermacam macam ada yang memanfaatkan energi panas, uap, gas, air, mekanik, ombak, dan lain sebagainnya.

Pada mulanya, hubungan antara magnet dan listrik belum diketahui manusia dan generator kala itu menggunakan prinsip elektrostatik. Dan dalam proses pengembangannya, lahirlah yang namanya dinamo atau dikenal dengan istilah generator listrik atau electric generator ini. inilah generaot rlistrik yang pertama yang dapat mengantarkan tenaga yang ada untuk berbagai keperluan. Hingga abad ke 21 dinamo atau generator listruk ini masih terus dibutuhkan dan sifatnya penting. Dinamo atau generator listrik ini menggunakan konsep elektromagnetisme untuk dapat mengubah energi putaran mekanik yang ada menjadi arus listrik AC atau alternating current atau arus listrik bolak balik. Dinamo atau generator listrik pertama ini ditemukan oleh Hipppolite Pixil dengan menggunakan prinsip Faraday yang merupakan seorang pembuat peralatan di Prancis saat itu. Adapaun konsep Faraday adalah konsep yang memiliki kesimpulan bahwa perbedaan potensial dihasilkan antara kedua ujung konduktor listrik yang bergerak tegak lurus terhadap medan magnet yang mana menjadikannya sebagai pembuat generator elektromagnetik pertama di dunia.

Tidak berhenti sampai disitu, Pixil juga berhasil mengubah arus listrik bolak balik menjadi arus listrik searah dengan menempatkan komulator pada alatnya dimana kutub utara dan kutub selatan magnet menginduksi arus yang berlawanan. Setelah sebelumnya dia berhasil membuat dinamo yang menghasilkan aliran listrik alternating current atau arus listrik bolak balik dengan menggunakan magnet permanen yang diputar oleh komponen crankyang membuat magnetnya melewati sebuah bongkahan besi sederhana yang yang dibungkus dengan menggunakan besi. Itulah sejarah dari generator listrik yang sering kita temui sebagai salah satu kompoenn pembangkit listrik di era modern ini. anda juga dapat membaca artikel kami mengenai macam macam pembangkit listrik yang ada di dunia saat ini untuk menambahkan informasi untuk anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan pemberitahuan kami sekarang

Dapatkan pemberitahuan kami sekarang

Pastikan anda mendapatkan penawaran terbaik kami. Cukup isi nama dan email anda dan dapatkan penawaran terbaik kami.