(+62)21-6262156 (Hunting)
(+62)21-6262156
Hunting

Macam – Macam Pembangkit Listrik

Macam – Macam Pembangkit Listrik

Dalam bahasan kita kali ini, kita akan membahas tentang macam macam pembangkit listrik yang ada di dunia saat ini. seperti yang kita ketahui, di era modern seperti sekarang ini, kehidupan atau peradaban manusia tidak bisa dipisahkan dari listrik sebab dalam perkembangan teknologi, khususnya untuk teknologi komputerisasi, baik untuk kehidupan sehari hari maupun kepentingan bisnis dan pabrik, semua membutuhkan listrik. Kita bisa bayangkan sendiri jika saat ini tidak ada listrik, tentunya mesin mesin di pabrik tidak akan bisa bekerja, demikian juga dengan system system yang ada dan komputer komputer yang kita miliki. Nah, listrik sendiri dihasilkan dari unit pembangkit listrik baik yang sifatnya permanen maupun non permanen seperti genset. Dan di bahasan ini kita akan mengenal mengenai macam macam pembangkit listrik, lalu seperi apa ulasannya ? langsung saja kita masuk ke inti bahasannya;

Pembangkit listrik Tenaga Air

Tentu unit pembangkit listrik ini sudah tidak asing lagi bagi kita, sebab Di Inonesia sendir unit pembangkit listrik ini sangat dominan jumlahnya dibandingkan dengan unit pembangkit listrik lainnya. Dalam proses penghasilan energi listriknya, unit pembangkit listrik ini memanfaatkan tenaga airatau lebih tepatnya memanfaatkan pergerakan air mengalir dari satu sisi ke sisi lainnya untuk menggerakan turbin yang ada dan selanjutnya menghasilkan energi listrik. Di indonesia sendiri ada unit pembankit listrik tenaga air yang terbesar di asia tenggara yaitu UP CIrata. Kelebihan dari unit pembangkit listrik ini adalah minimnya bahan bakar, sebab memang pure mengandalkan air.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Pembangkit listrik PLTU ini mengandalkan uap yang dihasilkan untuk memutar turib. Adapun uap itu adalah hasil pemnasan dari air yang dipompa oleh pipa pipa ke dapur ketel dan dipanaskan disana. Uap yang dihasilkan dari proses pemanasan air inilah yang pada akhirnya akan diandalkan sebagai penggerak turbin dan dari situ akan diubah oleh generator menjadi energi listrik. Untuk bahan bakarnya sendiri ada banyak macamnya, mulai dari padat, cair dan lainnya, contohnya seperti batu bara, sebagai bahan bakar pemanas, hingga minyak.dan uap yang dihasilkan akan kembali lagi menjadi air untuk selanjutnya dipompakan kembali ke dapur ketel uap setelah diproses.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap dan Gas

Adalah unit pembangkit listrik yang merupakan penggabungan konsep pembangkit listrik tenaga uap dan pembangkit listrik tenaga gas. Dalam proses ini memanfaatkan gas dari PLTG yang memiliki gas bertekanan atau bersuhu sangat tinggi yang menjadi pemanas ketel uap dari PLTU. Pemanfaatan gas buangan oleh PLTU dari PLTG sering disebut dengan heat recovery steam generator. Biasanya untuk 3 unit PLTG disediakan 1 unit PLTU untuk memanfaatkan gas buangan tadi, dan semuanya sama sama bekerja menghasilkan energi listrik dalam prosesnya. Dan dari kedua jenis itu, PLTU lebih besar menghasilkan listrik. Dari sisi pemanfaatkan bahan bakarnya, PLTGU ini adalah juaranya.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Unit pembangki listrik ini memiliki konsep kerja yang sama seperti PLTU tetapi bedanya uap yang dimanfaatkan disini bersumber langsung dari bumi. Di dalam lapisan bumi di perut bumi, teradpat suatu kantung uap di dekat dapur magma yang menghasilkan uap dari proses alami pencampuran air hujan yang diterima tanah dengan dapur uap tersebut, nah gas yang dihasilkan itulah ayng akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik atau pemutar turbin yang ada. PLTP ini dibangun tepat diatas kantung gas bumi itu dan selanjutnya akan mengebor dan menghubungkan nya dengan penghubung, jadi uap dari kantung gas bumi itu akan naik atau menyembur keatas. Walaupun bahan bakarnya juga minim karena memanfaatkan alam tetapi proses pembangunannya akan sangat mahal sebab harus melakukan eksplorasi, pembangunan unit, pengeboran dan seterusnya.

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Unit pembangkit listrik ini memiliki bahan bakar utama berupa BBM. BBM atau solar itu dimanfaatkan untuk menghidupkan mesin diesel yang akan menghasilkan gerakan pada piston yang selanjutnya akan diubah menjadi energi putar untuk memutar turbin yang ada. Dari segi produktifitas, tenaga listrik yang dihasilkan memang tidak terlampau banyak, sebab memang diperuntukan untuk skala yang kecil terutama untuk permukiman di daerah pelosok.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan pemberitahuan kami sekarang

Dapatkan pemberitahuan kami sekarang

Pastikan anda mendapatkan penawaran terbaik kami. Cukup isi nama dan email anda dan dapatkan penawaran terbaik kami.